Waspada! Kutu Kasur Bisa Bikin Asma

Selasa, 20 Februari 2018 - 22:29 WIB
Waspada! Kutu Kasur Bisa Bikin Asma
Waspada! Kutu Kasur Bisa Bikin Asma
A A A
JAKARTA - Bed bugs atau biasa dikenal dengan kutu kasur (tumbila) merupakan pemicu tidur menjadi terganggu. Hama dengan ukuran kecil ini juga menyisakan banyak masalah. Bahkan, menebar ancaman serius untuk kesehatan.

Seperti dilansir The Sun, saat pergi, kutu kasur meninggalkan jejak yang dapat menyebabkan reaksi alergi dan bahkan serangan asma. Hal ini terjadi lewat kotoran yang dibuangnya. Kotoran inilah yang menyebabkan masalah baru, setelah mereka menghilang.

Kotoran tersebut sarat dengan histamin, bahan kimia yang menyebabkan hidung meler, mata gatal, bersin dan susah bernapas.

Bahan kimia juga dapat menyebabkan ruam yang tidak rata muncul pada kulit dan sangat berbahaya bagi mereka yang memiliki gangguan paru-paru, seperti asma. Hal itu karena menyebabkan respons inflamasi di saluran napas.

"Bed bugs telah menjadi masalah sosial, ekonomi, dan kesehatan utama sejak kebangkitan global mereka di awal 2000-an. Infestasi dapat mencapai tingkat yang sangat tinggi, terutama di kalangan orang tua dan masyarakat yang kurang beruntung, di mana intervensi mungkin tidak terjangkau," kata para periset dari Universitas Carolina Utara.

"Sementara gigitan serangga tidur telah diakui sebagai masalah dermatologis yang dapat diperburuk dan menyebabkan infeksi sekunder, bed bugs belum dikaitkan dengan vektor penyakit atau produsen alergen," lanjutnya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya bed bugs sangat berkorelasi dengan tingkat histamin di rumah, dengan demikian dapat mempengaruhi kesehatan penghuni melalui paparan histamin eksogen.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8214 seconds (0.1#10.140)